Minggu, 26 Agustus 2012

Pacu Profesionalisme Tenaga Pendidik dengan Workshop Perangkat Pembelajaran

Bayah : Dua hari menjelang pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) setelah libur Idul Fitri 1433 H, tepatnya pada hari Sabtu, 25 Agustus 2012, Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bayah menyelenggarakan kegiatan Workshop Perangkat Pembelajaran yang diikuti oleh seluruh internal Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Workshop dibuka oleh Kepala MIN Bayah yang berlangsung dari pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memacu profesionalisme tenaga pendidik dalam menyusun perangkat pembelajaran sekaligus sebagai rangkaian kegiatan Revisi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MIN Bayah. Adapun materi pada workshop kali ini fokus terhadap tata cara penyusunan Program Tahunan, Program Semester, dan Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum (Wakabid) MIN Bayah, Dede Rohidin, S.PdI, selaku penanggung jawab sekaligus pembicara dalam kegiatan ini, menyebutkan bahwa workshop ini merupakan agenda program kerja Wakabid Kurikulum dan bagian dari rangkain kegiatan revisi KTSP yang mana sebelumnya sudah dilaksanakan workshop revisi Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK), dan Kompetensi Dasar (KD) untuk Mata Pelajaran Muatan Lokal, serta kedepan masih ada beberapa rangkaian kegiatan serupa yaitu workshop penyusunan Silabus dan RPP termasuk merevisi dokumen KTSP itu sendiri. 

“Kegiatan ini diselenggarakan sesuai dengan Program Kerja Tahunan Wakbid Kurikulum yang telah disetujui oleh Kepala Madrasah, dan pada tahun ini kita sepakat untuk merevisi KTSP di madrasah ini sekaligus bertujuan untuk memacu kemampuan semua tenaga pendidik menuju tenaga pendidik profesional”, kata laki-laki yang akrab dipanggil Ustadz Dede.
“Insya Allah ke depan juga masih ada beberapa kegiatan serupa yaitu workshop penyusunan Silabus dan RPP termasuk merevisi dokumen KTSP itu sendiri”, lanjut Wakabid Kurikulum ini.

Sementara itu, Kepala MIN Bayah, M. Rohani, S.Ag, dalam sambutannya mengatakan bahwa beliau sangat mendukung sepenuhnya terhadap program-program yang telah dibuat oleh semua Wakil Kepala selama program tersebut mendukung untuk tercapainya visi dan misi serta tujuan madrasah, termasuk salah satunya workshop penyusunan Perangkat Pembelajaran yang digagas oleh Wakabid Kurikulum. Terlebih lagi, beliau juga merasa terharu dengan antusias tenaga pendidik dalam menghadiri acara tersebut walaupun pelaksanaannya disela-sela masa libur atau saat berkumpul dengan keluarga.

“Saya selalu mengakomodir semua program yang bersifat positif demi terwujudnya visi dan misi serta tujuan madrasah yang salah satunya kegiatan workshop ini. Apalagi kegiatan ini saya rasa sangat bermanfaat bagi semua tenaga pendidik untuk lebih meninggkatkan kinerjanya dimasa yang akan datang”, kata Kepala MIN Bayah.
“Selain itu, saya sangat terharu dengan antusias semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengikuti acara ini, walaupun masih suasana libur, tapi mereka tetap menyempatkan diri hadir dalam kegiatan tersebut. Ini merupakan bukti bahwa semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan juga mendukung penuh terhadap kebijakan-kebijakan dan program yang telah kami buat dan disepakati bersama”, lanjut pria kelahiran 1973 ini.

Terakhir, dalam penutupan acara tersebut, beliau berjanji akan memberikan reward bagi tenaga pendidik yang betul-betul melaksanakan tugas dengan penuh disiplin dan tanggung jawab serta dapat melengkapi administrasi pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai tenaga pendidik. Dan beliau siap memfasilitasi semua kebutuhan tenaga pendidik yang berkaitan dengan sarana dan prasarana Perangkat Pembelajaran termasuk didalamnya alat bantu pengajaran bagi tenaga pendidik yang membutuhkan. (Uj/Humas MIN Bayah)

0 komentar :

Posting Komentar