Rabu, 18 Januari 2012

Urgensi RPM(Rencana Pengembangan Madrasah)

Keberhasilan proses pendidikan di madrasah salah satunya ditentukan oleh sejauhmana perencanaan yang disusun madrasah untuk rencana jangka panjang, menengah, maupun pendek. Perencanaan yang matang menurut pendapat ahli manajemen merupakan 50% keberhasilan.Rencana Program Strategis merupakan salah satu pola manajemen perencanaan yang dikembangkan di lingkungan madrasah saat ini. Perangkat ini sangat diperlukan untuk menentukan arah pengembangan madrasah empat tahun ke depan dan bagaimana mencapai tujuan serta sasaran-sasaran tahunan dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang ada. Dengan tersusunnya RPM(Rencana Pengembangan Madrasah) ini madrasah akan memiliki fokus-fokus kegiatan dan tahap-tahap kegiatan yang sistematis, berkesinambungan, dan terintegrasi satu sama lainnya.
Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah apakah setiap madrasah sudah mempunyai perencanaan yang tersusun dan terukur dengan baik, dan sejauh mana konsistensi manajemen melaksanakan perencanaan tersebut.
Andai saja setiap madrasah sudah melaksanakan hal tersebut maka tentunya madrasah bukan lagi menjadi sekolah pilihan kedua setelah sekolah umum, madrasah menjadi pilihan utama. Tentunya tugas kita bersama yang ada di dalam madrasah memulai bersama-sama dari saat ini. Semoga….(dr)

0 komentar :

Posting Komentar