M. Rohani, S.Ag |
Salah-satu indikasi terjadinya peningkatan kualitas dapat dilihat dari adanya peningkatan prestasi akademik yang diraih siswa secara keseluruhan, baik yang bersifat akademik maupun non akademik. Dewasa ini kualitas prestasi akademik/ non akademik siswa baik dilihat dari dimensi vertikal maupun dimensi horizontal masih dianggap rendah. Selain itu, tingginya angka tinggal kelas dan putus sekolah menjadi indikator yang kuat dari rendahnya kualitas pendidikan sekarang ini.
Fenomena seperti ini tentunya tidak akan terlepas dari berbagai hal yang menjadi faktor penunjang; Fasilitas yang tidak memadai, kemampuan pemerintah yang terbatas dalam mengalokasikan dana untuk pendidikan, kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan yang masih rendah serta SDM yang menjadi stakeholders dan pelaksana pendidikan (guru) yang kurang memiliki profesionalitas (produktivitas kerja guru yang rendah) terutama dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) dikelas turut menyumbangkan masalah tersendiri bagi dunia pendidikan disebabkan banyak guru yang tidak memahami dan menguasai administrasi dan supervisi pendidikan. Terakhir, peningkatan mutu dan ketersediaan sarana dan prasarana menjadi solusi penting untuk menjawab semua masalah yang terjadi di dunia pendidikan.
0 komentar :
Posting Komentar