Jumat, 01 Juli 2011

Deskripsi Singkat

M. Rohani, S.Ag
      Masalah pokok pendidikan di Indonesia saat ini masih berkisar pada soal pemerataan kesempatan, relevansi, kualitas, efisiensi dan efektivitas pendidikan. Sesuai dengan masalah pokok tersebut serta memperhatikan isu dan tantangan masa kini dan dimasa depan, maka dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengatasi persoalan dan menghadapi tantangan itu, perlu adanya keseriusan dan keinginan yang penuh dari semua unsur yang ada didalam dunia pendidikan agar tercipta suatu kondisi yang dapat mengembangkan potensi dan kapasitas siswa secara optimal.
      Salah-satu indikasi terjadinya peningkatan kualitas dapat dilihat dari adanya peningkatan prestasi akademik yang diraih siswa secara keseluruhan, baik yang bersifat akademik maupun non akademik. Dewasa ini kualitas prestasi akademik/ non akademik siswa baik dilihat dari dimensi vertikal maupun dimensi horizontal masih dianggap rendah. Selain itu, tingginya angka tinggal kelas dan putus sekolah menjadi indikator yang kuat dari rendahnya kualitas pendidikan sekarang ini.
       Fenomena seperti ini tentunya tidak akan terlepas dari berbagai hal yang menjadi faktor penunjang; Fasilitas yang tidak memadai, kemampuan pemerintah yang terbatas dalam mengalokasikan dana untuk pendidikan, kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan yang masih rendah serta SDM yang menjadi stakeholders dan pelaksana pendidikan (guru) yang kurang memiliki profesionalitas (produktivitas kerja guru yang rendah) terutama dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) dikelas turut menyumbangkan masalah tersendiri bagi dunia pendidikan disebabkan banyak guru yang tidak memahami dan menguasai administrasi dan supervisi pendidikan. Terakhir, peningkatan mutu dan ketersediaan sarana dan prasarana menjadi solusi penting untuk menjawab semua masalah yang terjadi di dunia pendidikan.

0 komentar :

Posting Komentar