Jumat, 02 Mei 2014

Gebyar Kompetisi Sains Madrasah (KSM)



MIN Bayah gelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat KKM tahun 2014 selama 2 hari (21 s.d 22) April 2014. KSM merupakan wadah untuk melakukan olah pikir dan kreativitas siswa dan siswi madrasah agar menjadi ajang membangun kemampuan (capacity building) bagi madrasah di tanah air dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). KSM diharapkan mampu memupuk motivasi bagi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga ke depan diharapkan banyak siswa madrasah disamping memiliki dan mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat dan menjadi panutan bagi yang lainnya sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlakul karimah juga mampu membangun bangsa khususnya di bidang IPTEK yang semakin hari semakin tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat pada umumnya.

Selain itu, kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal di bidangnya dan mampu berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan ini juga peserta dapat melatih dan terbiasa untuk selalu meningkatkan daya nalar, kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan ke depan. Oleh karena itu, Kompetisi Sains Madrasah merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma Pendidikan.

Kegiatan KSM ini berlandaskan dari Program Kerja Tahunan Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Berdasarkan landasan tersebut, KKM MIN Bayah mencoba ikut andil dalam menyeleksi peserta didik kelas IV (empat) dari masing-masing madrasah se-KKM MIN Bayah dengan diwakili oleh 2 (dua) orang peserta yaitu peserta mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kegiatan Gebyar KSM ini, selain bertujuan untuk mencari bibit-bibit peserta berprestasi sebagai peserta KSM ke tingkat lebih lanjut, kegiatan ini bertujuan pula sebagai ajang silaturrahmi antar madrasah, baik dewan guru maupun peserta didik se-KKM MIN Bayah.

Diawal kegiatan, ketua KKM MIN Bayah M. Rohani, S.Ag menuturkan bahwa “madrasah, khususnya Madrasah Ibtidaiyah sangatlah miskin prestasi, terlebih madrasah-madrasah swasta yang berada di pelosok desa, hal ini terbukti ketika pendampingan pengisian instrumen program akreditasi madrasah diwaktu yang lalu”.
Selain itu Ketua KKM MIN Bayah menegaskan pula bahwa “kegiatan ini merupakan langkah awal untuk memacu seluruh madrasah se-KKM MIN Bayah untuk selalu berkompetisi menuju madrasah yang berprestasi”.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 62 peserta dari masing-masing madrasah yang dibagi kedalam 4 ruang kompetisi. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kegiatan ini masih ada beberapa madrasah yang tidak turut serta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan alasan jarak tempuh yang jauh serta sedikit kepedulian terhadap kemajuan madrasahnya.

Secara tidak langsung, kegiatan KSM ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur oleh masing-masing madrasah untuk melihat serta mengevaluasi kinerja guru, khususnya dalam kegiatan belajar mengajar.
Setelah melewati beberapa tahapan penilaian, akhirnya terpilih untuk dikatakan sebagai kategori pemenang seleksi, untuk kategori mata pelajaran Matematika terpilih sebagai Juara 1 Faqih Fiddin (MIN Bayah Kecamatan Bayah), Juara 2 Tarmansyah (MI Assyahadatain Cikempul Kecamatan Cibeber), dan Juara 3 Siti Dea Nurhalizah (MI MA Cibeber Girang Kecamatan Cilograng). Sedangkan untuk kategori mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terpilih sebagai Juara 1 Fahri Eka Mahardika (MI MA Cibeber Girang Kecamatan Cilograng), Juara 2 Naeni Junaeni (MI MA Ciherang Kecamatan Cibeber) dan Juara 3 Anisa Nurfaridatusyiam (MIN Bayah Kecamatan Bayah).
Terakhir, kami berharap bahwa kegiatan seperti ini tidak hanya sebatas ditingkat KKM saja, melainkan ada tindak lanjut ke tahapan berikutnya. Selain itu kami berharap adanya dukungan serta perhatian khusus dari kementerian agama baik Kemenag Kabupaten maupun Kanwil Kemenag Provinsi dalam hal ini Kasie ataupun Kabid Penma agar lebih proaktif terhadap kegiatan-kegiatan yang dapat memacu madrasah sehingga terwujud madrasah yang unggul dan berprestasi.
"Selamat Untuk Para Juara"

0 komentar :

Posting Komentar